Peter Brook

Posted: 16 Desember 2011 in Tokoh

Peter Brook/ Biography

Peter Brook
Peter Brook
Brook lahir di London Maret 1925, anak Simon Brook dan istrinya Ida (Jansen), dua imigran Yahudi. Ia belajar di Gresham’s School dan Magdalen College, Oxford.
Dr Faustus adalah produksi pertama, tahun 1943 di Teater Obor di London, diikuti di Teater Chanticleer pada 1945 dengan kebangkitan The Infernal Machine.
Pada 1947, ia pergi ke Stratford-upon-Avon sebagai asisten sutradara di Romeo dan Juliet dan Love Lost Buruh. Dari tahun 1947 hingga 1950, ia menjadi Direktur Produksi di Royal Opera House, Covent Garden.

Karyanya yang sangat kontroversial adalah Salome Strauss dengan set oleh Salvador Dali dan juga merupakan ulang pementasan yang efektif dari Puccini’s La Boheme menggunakan set yang berasal dari 1899. Sebuah proliferasi kerja panggung dan layar sebagai produser dan sutradara.
Pada tahun 1951, Brook menikah dengan aktris Natasha Parry, pasangan itu memiliki seorang putri.
Pada tahun 1970, dengan Micheline Rozan, Brook mendirikan Pusat Internasional untuk Penelitian Teater/ theater Research, sebuah perusahaan multinasional dari aktor, penari, musisi dan lain-lain yang bepergian secara luas di Timur Tengah dan Afrika pada awal tahun 1970.
Sekarang berbasis di Paris pada Bouffes du Nord teater. Pada tahun 2008 dia membuat keputusan untuk mengundurkan diri sebagai direktur artistik Bouffes du Nord, menyerahkan ke Olivier Mantei dan Olivier Poubelle pada tahun 2008.
Pengaruh
Karyanya terinspirasi oleh teori-teori eksperimental teater dari Jerzy Grotowski, Bertolt Brecht, Chris Covics, Meyerhold, GI Gurdjieff dan karya-karya Edward Gordon Craig dan Stuart Davis, serta Matila Ghyka.
Brook dipengaruhi oleh karya Antonin Artaud dan ide-idenya untuk nya Theatre of Cruelty. Namun pengaruh besar-Nya adalah Joan Littlewood. Brook menggambarkan dirinya sebagai “sutradara paling bersemangat di Inggris pertengahan abad ke-20”.
Di Inggris, Peter Brook dan Charles Marowitz melakukan percobaan cruelty theater (1964) di Royal Shakespeare Company, yang bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara di mana ide-ide Artaud’s dapat digunakan untuk menemukan bentuk-bentuk baru ekspresi dan melatih pelaku.
Hasilnya adalah menunjukkan dari ‘bekerja dalam penyelesaian’ terdiri dari improvisasi dan sketsa, salah satunya adalah Perdana Menteri semburan Darah.
– Lee Jamieson, Antonin Artaud: Dari Teori ke Praktik, Exchange Greenwich, 2007
Mahabharata 
Pada pertengahan tahun 1970-an, Brook, dengan penulis Jean-Claude Carriere, mulai bekerja pada mengadaptasi puisi epik Mahabharata India ke dalam bermain tahap yang pertama kali dilakukan pada tahun 1985 [7] dan kemudian menjadi sebuah mini seri televisi.
Produksi menggunakan cast internasional disebabkan debat panas antar budaya. kritik negatif berasal dari sarjana India Pradip Bhattacharya yang merasa bahwa interpretasi Brook’s “bukanlah penggambaran titanic bentrokan antara kekuatan yang baik dan yang jahat, yang merupakan barang dari epik … [tetapi] kisah keturunan berperang beberapa tuan tanah pedesaan “.
Tierno bokar
Pada tahun 2005 Brook diarahkan Tierno bokar, berdasarkan kehidupan sufi Mali dengan nama yang sama. bermain ini diadaptasi untuk panggung oleh Marie-Helene Estienne dari sebuah buku oleh Amadou Hampate Ba (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai sebuah Roh Toleransi: Kehidupan yang mengispirasi dari Tierno bokar).
Buku dan kehidupan bermain detail bokar dan pesan toleransi beragama. Universitas Columbia yang diproduksi 44 acara yang terkait, ceramah, dan lokakarya yang dihadiri oleh lebih dari 3.200 orang di seluruh lari dari Tierno bokar. Panel diskusi terfokus pada topik toleransi beragama dan tradisi Muslim di Afrika Barat.
Karya dan dedikasi:

 

  • 1950 Measure for Measure with John Gielgud (Shakespeare Memorial Theatre)
  • 1952 The Winter’s Tale with John Gielgud (Shakespeare Memorial Theatre)
  • 1958 Titus Andronicus with Laurence Olivier (Shakespeare Memorial Theatre)
  • 1962 King Lear with Paul Scofield
  • 1964 Marat/Sade
  • 1966 US an anti-Vietnam protest play with The Royal Shakespeare Company, documented in the film Benefit of the Doubt
  • 1970 A Midsummer Night’s Dream with John Kane (Puck), Frances de la Tour (Helena), Ben Kingsley (Demetrius) and Patrick Stewart (Snout): see 1970 Royal Shakespeare Company production of A Midsummer Night’s Dream
  • Hamlet with Paul Scofield
  • The Visit with Alfred Lunt and Lynn Fontanne
  • Marat/Sade, 1964.
  • Oedipus with John Gielgud and Irene Worth
  • Orghast in Persepolis, 1971-72.
  • 1975 : The Ik by Colin Turnbull, adaptation Jean-Claude Carrière, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1977 : Ubu aux Bouffes after Alfred Jarry, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1978 : Mesure pour mesure by William Shakespeare, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1979 : La Conférence des oiseaux (The Conference of the Birds) after Farid al-Din Attar, Festival d’Avignon, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1979 : L’Os de Mor Lam by Birago Diop, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1981 : La Tragédie de Carmen after Prosper Mérimée, Henri Meilhac and Ludovic Halévy, Viviane Beaumont Theater, Lincoln Center, New York
  • 1981 : La Cerisaie by Anton Chekhov, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1984 : Tchin-Tchin by François Billetdoux, mise en scène with Maurice Bénichou, with Marcello Mastroianni, Théâtre Montparnasse
  • 1985 : Le Mahabharata, (The Mahabharata) Festival d’Avignon
  • 1988 : The Cherry Orchard by Anton Chekhov, Majestic Theatre, Brooklyn
  • 1989 : Woza Albert! by Percy Mtawa, Mbongeni Ngema et Barney Simon
  • 1990 : La Tempête by William Shakespeare, adaptation Jean-Claude Carrière, with Sotigui Kouyaté, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1992 : Impressions de Pelléas after Claude Debussy, Théâtre des Bouffes du Nord
  • 1993 : L’Homme Qui after The Man Who Mistook His Wife for a Hat by Oliver Sacks
  • 1995 : Qui est là after texts by Antonin Artaud, Bertolt Brecht, Edward Gordon Craig, Vsevolod Meyerhold, Stanislavski and Motokiyo Zeami
  • 1995 : Oh les beaux jours by Samuel Beckett
  • 1998 : Je suis un phénomène after prodigieuse mémoire by Alexander Luria
  • 1998 : Don Giovanni by Mozart, création au 50ème Festival international d’art lyrique d’Aix-en-Provence
  • 1999 : Le Costume by Can Themba
  • 2000 : Hamlet by William Shakespeare, with Adrian Lester
  • 2002 : Far Away by Caryl Churchill
  • 2002 : La Mort de Krishna extrait du Mahabharata de Vyasa, adaptation Jean-Claude Carrière and Marie-Hélène Estienne
  • 2003 : Ta main dans la mienne by Carol Rocamora
  • 2004 : Tierno Bokar after Vie et enseignement de Tierno Bokar-Le sage de Bandiagara by Amadou Hampâté Bâ, with Sotigui Kouyaté
  • 2004 : Le Grand Inquisiteur after The Brothers Karamazov by Dostoyevsky
  • 2006 : Sizwe Banzi est mort by Athol Fugard, John Kani and Winston Ntshona, Festival d’Avignon
  • 2008 : Fragments after Samuel Beckett
  • 2009 : Love is my sin sonnets by William Shakespeare
  • 2009 : 11 and 12 after Vie et enseignement de Tierno Bokar-Le Sage de Bandiagara by Amadou Hampâté Bâ
  • 2010 : Warum warum by Peter Brook et Marie-Hélène Estienne after Antonin Artaud, Edward Gordon Craig, Charles Dullin, Vsevolod Meyerhold, Motokiyo Zeami and William Shakespeare

 

Filmography

 

  • 1953, The Beggar’s Opera
  • 1960, Moderato Cantabile (UK title Seven Days… Seven Nights)
  • 1963, Lord of the Flies
  • 1967, Ride of the Valkyrie
  • 1967, Marat/Sade
  • 1968, Tell Me Lies
  • 1971, King Lear
  • 1979, Meetings with Remarkable Men
  • 1979, Mesure pour mesure
  • 1982, La Cerisaie
  • 1983, La Tragédie de Carmen
  • 1989, The Mahabharata
  • 2002, The Tragedy of Hamlet (TV)

 

Penghargaan dan kehormatan

 

  • Commander of the Order of the British Empire, 1965
  • Honorary DLitt, University of Birmingham, 1990
  • Honorary Fellow of Magdalen College, Oxford, 1991
  • Honorary DLitt, University of Strathclyde, 1990
  • Honorary DLitt, University of Oxford, 1994
  • Officier de l’Ordre de la Légion d’honneur (France), 1995
  • Companion of Honour, 1998
  • Tony Award for Best Direction of a Play for Marat/Sade, 1966
  • Tony Award for Best Direction of a Play for A Midsummer Night’s Dream, 1971
  • Freiherr von Stein Foundation Shakespeare Award, 1973
  • Grand Prix Dominique, 1975
  • Brigadier Prize, 1975, for Timon of Athens
  • Society of West End Theatre Award, 1983
  • Emmy Award, 1984, for La tragédie de Carmen
  • Prix Italia, 1984
  • International Emmy Award, 1990, for The Mahabharata
  • Dan David prize, 2005
  • The Ibsen Award for 2008, first winner of the prize of NOK2.5 mill
  • Critics’ Circle Award for Distinguished Service to the Arts 2008

Sumber : http://www.wisatateater.blogspot.com

Iklan

Terimakasih Buat Kunjungan Teman-teman semua..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s